Boyolali, 14 Mei 2025 – Program Studi S1 Teknologi Pendidikan (S1TP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sebelas Maret (UNS), sukses menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) bertajuk “Pendampingan Implementasi Deep Learning untuk Sekolah Menengah Kejuruan di Cabang Dinas Wilayah 5 Jawa Tengah.” Kegiatan ini dilaksanakan di Frontone Budget Hotel Boyolali dan dihadiri oleh dosen-dosen S1 Teknologi Pendidikan, guru-guru SMK, serta perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 5 Jawa Tengah.
Kegiatan FGD ini merupakan bagian dari program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M) yang diinisiasi oleh Riset Grup Teknologi Pendidikan FKIP UNS. Tujuan utamanya adalah memberikan pendampingan dan pemahaman mendalam terkait pendekatan deep learning yang aplikatif dalam konteks pembelajaran SMK, terutama untuk menyongsong tantangan abad ke-21 dan era transformasi digital.
Sambutan Kolaboratif dari Pemangku Kepentingan
Acara dibuka oleh MC dengan penuh semangat, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Seksi SMK Cabang Dinas Wilayah 5 Jawa Tengah, Bapak Sihhono S.Pd,, M.Pd., yang menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif akademik UNS. Ia menekankan pentingnya kemitraan antara perguruan tinggi dan satuan pendidikan di daerah untuk mewujudkan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan industri dan teknologi.
Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ketua Program Studi S1 Teknologi Pendidikan FKIP UNS, Dr. Eka Budhi Santosa, ST., M.Pd., yang menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi konkret UNS dalam mendampingi SMK sebagai ujung tombak pendidikan vokasi.
Rangkaian Sesi Workshop dan Diskusi
Kegiatan FGD terdiri dari empat sesi utama yang mengupas secara mendalam berbagai aspek dalam penerapan deep learning di sekolah:
- Sesi 1: Pemahaman Paradigma Deep Learning oleh Dr. Ratna Juwita, M.Pd., yang membahas konsep deep learning dalam perspektif pedagogik dan urgensinya dalam pembelajaran vokasi.
- Sesi 2: Praktik Paedagogik: Perencanaan & Evaluasi yang dipandu oleh Jovita Ridhani, M.Ed., memandu peserta menyusun lesson plan dan evaluasi berbasis pendekatan mendalam.
- Sesi 3: Kemitraan Pembelajaran oleh Dr. Budi Tri Cahyono S.Kom., M.T. membahas tentang membentuk hubungan yang kolaboratif untuk memberikan pengalaman belajar, kebaruan informasi/serta umpan balik kepada peserta didik melalui pengetahuan yang kontekstual dan nyata.
- Sesi 4: Lingkungan Pembelajaran oleh Dr. Relly Prihatin, M.Pd. dan Sari Trisnaningsih, M.Ed., mengulas strategi menciptakan ekosistem belajar yang menekankan integrasi antara budaya belajar, ruang fisik, dan ruang virtual untuk mendukung PM.
- Sesi 5: Pemanfaatan Media Digital oleh Dr. Fatma Sukmawati, M.Pd. yang mengajak peserta mengeksplorasi media digital interaktif untuk pembelajaran yang lebih interaktif, fleksibel, dan kolaboratif.
Setiap sesi berlangsung interaktif, dengan peserta antusias berdiskusi dan berbagi praktik terbaik yang sudah dilakukan di sekolah masing-masing.
Akhir Acara dan Harapan Lanjutan
Acara ditutup dengan kesimpulan dan evaluasi kegiatan, yang menegaskan pentingnya keberlanjutan program pendampingan serupa secara berkala. Melalui FGD ini, UNS berharap mampu menjadi mitra strategis bagi SMK dalam mengembangkan model pembelajaran yang tidak hanya adaptif, tetapi juga transformatif, guna membekali lulusan dengan kompetensi unggul di era digital.
Dokumentasi lengkap kegiatan dapat diakses melalui laman resmi kami di http://s1tp.fkip.uns.ac.id dan Instagram @s1tpuns. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi: s1tp@fkip.uns.ac.id
#TeknologiPendidikan #S1TPJuara #FKIPBagus #UNSBisa