Stuktur Kurikulum 2025

Program Studi S1 Teknologi Pendidikan FKIP UNS

Program Studi S1 Teknologi Pendidikan FKIP UNS terus berkomitmen dalam menyempurnakan kurikulumnya secara berkelanjutan untuk menjawab tantangan zaman. Sejak kurikulum awal tahun 2022, kemudian penyesuaian berbasis Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) pada 2024, hingga revisi strategis tahun 2025, seluruh proses transformasi ini dilakukan secara sistematis dan berlandaskan pada kebutuhan riil dunia kerja, perkembangan teknologi, serta arah kebijakan nasional dan global di bidang pendidikan.

Evaluasi kurikulum dilakukan melalui tracer study, benchmarking nasional dan internasional, serta kajian menyeluruh terhadap dinamika Revolusi Industri 4.0, Society 5.0, dan Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023. Perubahan penting dalam kurikulum 2025 mencakup penguatan paradigma Outcome-Based Education (OBE), penyelarasan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6, serta fleksibilitas implementasi kebijakan MBKM. Kurikulum ini juga mencerminkan pergeseran orientasi dari sekadar pemenuhan administratif menjadi respons strategis terhadap perkembangan keilmuan dan profesional.

Dalam pengembangannya, kurikulum ini mengacu pada Association for Educational Communications and Technology (AECT) sebagai rujukan standar internasional di bidang teknologi pendidikan. Selain itu, pada pertemuan kolegial Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS-TPI) tanggal 6–8 Agustus 2024, telah disepakati kurikulum nasional Teknologi Pendidikan sebagai komitmen bersama seluruh program studi di Indonesia untuk menghadirkan kurikulum yang adaptif terhadap kebutuhan industri dan perkembangan teknologi mutakhir.

Struktur Kurikulum 2025 terdiri dari 146 SKS yang proporsional antara teori dan praktik, dan mengakomodasi pembelajaran di luar kampus. Kurikulum ini dirancang untuk membentuk profil lulusan yang relevan dan kompetitif, dengan lima kelompok mata kuliah utama sebagai berikut:

  • Mata Kuliah Umum dan Wajib Fakultas

  • Mata Kuliah Pengembangan Keahlian Program Studi (PKPS)

  • Mata Kuliah Inti Profil Praktisi Teknologi Pendidikan dan Asisten Peneliti

  • Mata Kuliah Inti Profil Calon Pengajar dan Edutechnopreneurship

  • Mata Kuliah Inti Profil Pengembang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)

Melalui integrasi antara teori, praktik, dan pengalaman dunia nyata, kurikulum ini diharapkan mampu mencetak lulusan Teknologi Pendidikan yang tidak hanya kompeten dalam aspek akademik, tetapi juga mampu berinovasi, membangun jejaring, serta berkontribusi aktif dalam pengembangan sistem pembelajaran dan pelatihan di berbagai sektor.

Sebaran Mata Kuliah 2025

No.KodeMata KuliahJumlah SKS
102253142056ENGLISH IN EDUCATION2
202253112009PENDIDIKAN PANCASILA2
302253212003PENDIDIKAN AGAMA2
402253142088PENGANTAR TEKNOLOGI PENDIDIKAN2
502253142089ETIKA PROFESI TEKNOLOGI PENDIDIKAN2
602253143059MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF3
702253142001ILMU PENDIDIKAN2
802253143060DESAIN PESAN DAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN3
902253142027PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK2
Jumlah20

No.KodeMata KuliahJumlah SKS
102253212008PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN2
202253143057ORGANISASI DAN ARSITEKTUR MULTIMEDIA3
302253212010BAHASA INDONESIA2
402253142008PSIKOLOGI PENDIDIKAN2
502253243061TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN ABAD 213
602253243062MANAJEMEN SUMBER BELAJAR3
702253243075TEKNOLOGI KINERJA3
802253142035BIMBINGAN DAN KONSELING2
Jumlah20

No.KodeMata KuliahJumlah SKS
102253242017PENDIDIKAN INKLUSI2
202253243064ANALISIS KEBUTUHAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN3
302253143078PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK TEKNOLOGI PENDIDIKAN3
402253243072PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF3
502253143065MODEL STRATEGI DAN ORGANISASI PEMBELAJARAN3
602253143066PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN3
702253143067PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MANDIRI3
802253143069PRODUKSI VIDEO PEMBELAJARAN3
Jumlah23

No.KodeMata KuliahJumlah SKS
102253242036PENGELOLAAN KELAS DIGITAL2
202253243071LABORATORIUM TEKNOLOGI PENDIDIKAN3
302253243072METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN3
402253142090EVALUASI PEMBELAJARAN2
502253244075DESAIN DAN PRODUKSI ANIMASI PEMBELAJARAN4
602253243062TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN3
702253143070PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN4
802253143091EVALUASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN3
Jumlah24

No.KodeMata KuliahJumlah SKS
102253345079KULIAH MAGANG MAHASISWA3
202253143094PENGELOLAAN BASIS DATA PENDIDIKAN3
302253143080BROADCASTING3
402253143082MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN3
502253143083MANAJEMEN BISNIS KEPENDIDIKAN3
602253243076EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN2
702253144092PENGEMBANGAN MASSIVE OPEN ONLINE COURSE (MOOC)4
802253143093KECERDASAN BUATAN DALAM PEMBELAJARAN3
Jumlah24

No.KodeMata KuliahJumlah SKS
102253243084PEMROGRAMAN APLIKASI PEMBELAJARAN3
202253142028STATISTIK2
302253322001KULIAH KERJA NYATA3
402253243086INFRASTRUKTUR KOMPUTASI PENDIDIKAN3
502253243052MICROTEACHING2
602253243081INOVASI KURIKULUM3
702253244082PENGEMBANGAN MULTIMEDIA IMERSIF4
802253243053EDUTECHNOPRENEURSHIP (KEWIRAUSAHAAN)2
Jumlah22

No.KodeMata KuliahJumlah SKS
102253143055SEMINAR PROPOSAL3
202253134002PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN4
302253326004TUGAS AKHIR (SKRIPSI)*6
Jumlah13

* Seminar Proposal dapat dilakukan di Semester 6, Nilai muncul di KHS Semester 7

** Tugas Akhir/Skripsi bisa diambil di Semester 7/8 setelah menyelesaikan Seminar Proposal

Translate »
Scroll to Top